Sediakan Kantong Sampah Plastik kepada Masyarakat

DLHK  Pekanbaru Siapkan Anggaran Rp1,6 Miliar

Adil Putra

PEKANBARU--- (KIBLATRIAU. COM) --- Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun ini akan memberikan kantong plastik gratis kepada masyarakat yang ada tiga kecamatan. 

Untuk memuluskan program itu,  tentu Pemko Pekanbaru yang dalam hal ini,  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)  Kota Pekanbaru akan menyiapkan anggaran sebesar Rp1,6 miliar. 

Demikian dikatakan Kepala Dinas DLHK Kota Pekanbaru Zulfikri SH saat dikonfirmasi wartawan,  Jumat (1/2) melalui Kabid Pengelolaan Persampahan Adil Putra. 

"Ya untuk menyediakan kantong plastik untuk sampah itu kita anggarkan sebesar Rp1,6 miliar. Dan sudah kita usulkan ke BPKAD melalui RKA. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan bisa tercapai, " ungkap Adil Putra. 

Dijelaskan Adil Putra,  untuk mendapatkan plastik sampah itu,  pihaknya juga akan berupaya dan bekerjasama dengan pihak kecamatan yang telah mengelola sampah melalui bank sampah. Sehingga sampah yang ada didaur ulang,  sehingga bernilai ekonomi dan bisa mendatangkan uang. 

"Jadi kita akan memanfaatkan bank sampah untuk mendaur ulang plastik sampah. Ini salah satu langkah kita untuk menghemat anggaran membeli plastik untuk sampah tersebut, '" ujar Adil. 

Sebagaimana diketahui,  adapun tiga  kecamatan yang akan diujicobakan tersebut, antara lain  Kecamatan Tampan, Kecamatan Marpoyan Damai dan Kecamatan Bukitraya, Sementara itu penyediaan plastik untuk sampah itu terdiri dari satu rumah tangga, tiga kantong plastik. Sedangkan satu untuk sampah organik, satu untuk sampah yang bisa didaur ulang serta satu lagi untuk sampah beracun atau sampah yang tergolong berbahaya. 

Selain itu,   tiga kantong plastik sampah ini, akan diberi logo Pemko Pekanbaru dan logo kecamatan. Pemberian kantong plastik sampah ini juga akan rutin diberikan ke setiap rumah tangga yang mana pemberiannya akan rutin dilakukan setiap hari.(Hen) 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar